Jumat, 08 Oktober 2010

Verifikasi PayPal Kini GRaTis!

Membuka rekening atau membuat akun PayPal memang gratis, bahkan sampai menjadi akun terverifikasi sekalipun. Hanya saja dalam proses verifikasi, dibutuhkan data kartu kredit atau credit card (cc). Alternatif lain bagi yang belum memiliki kartu kredit biasanya menggunakan anakan cc yaitu virtual credit card (vcc). Hanya saja, untuk menggunakan jasa vcc, kita harus mengeluarkan uang 70 hingga 150 ribu rupiah.
Tapi itu dulu…
Belum lama ini PayPal mengeluarkan bebijakan baru, bahwa dengan melengkapi data rekening bank lokal, kita sudah sekaligus melakukan proses verifikasi. Walaupun begitu, ternyata verifikasi type ini hanya agar kita dapat melakukan withdraw / pencairan dana dari PayPal ke rekening bank lokal, dan membuka limit pengiriman dan pencairan. Untuk dapat melakukan pembayaran, pembelian, berlangganan, kita masih membutuhkan kartu kredit, atau alternatif dengan vcc.
Tapi bagi kebanyakan pelaku bisnis online, hal ini tentu masih sangat berguna. Karena tidak semua bisnis online memerlukan fitur payment / pembayaran. Cara ini lebih dari cukup untuk menerima pembayaran dan pencairan dollar Anda.
Untuk melengkapi artikel ini, saya sertakan tutorial penambahan data rekening bank lokal pada akun paypal. Proses di bawah berlaku juga bagi Anda yang sudah verifikasi , tapi belum menambahkan data bank lokal di akun PayPal Anda.
(1). Pertama tentu Anda harus login ke akun PayPal Anda, klik disini untuk membuka situs paypal pada jendela baru
(2). Setelah masuk dihalaman akun PayPal, geserkan pointer mouse hingga di atas menu “Profil”, lalu akan turun submenu, Anda klik saja pada “Add/Edit Bank Account”
(3). Halaman selanjutnya berisi formulir data bank, silahkan lengkapi
  • Country: biarkan Indonesia dong..
  • Name on account: masukkan nama depan Anda, sedangkan nama belakang tidak dapat dirubah. Nama ini harus sama persis dengan nama Anda di rekening bank lokal. Jika ternyata tidak sama, silahkan Anda rubah dahulu nama PayPal Anda. Hati-hati jangan salah nama, Anda bisa kena denda Rp 50.000 untuk ini.
  • Bank name: nama resmi dari bank bersangkutan, misal Bank Central Asia, Bank Mandiri, dll, bang Miun tidak termasuk yach.. :D
  • Bank code: adalah 7 angka kode bank lokal kombinasi dari 3 angka pertama kode bank lokal oleh BI, dan 4 angka kode cabang dari bank bersangkutan. Data bank ada di form pendaftaran paypal langsung, jafi g perlu bingung.. 
  • Account number: masukkan nomor rekenink bank Anda
  • Re-enter account number: ulangi masukan kembali nonmor rekening bank Anda
  • Klik “Continue”
(4). Halaman selanjutnya adalah untuk konfirmasi kebenaran data yang Anda masukkan pada nomor (3) di atas. Jika Anda sudah yakin, langsung klik saja “Add Bank Account”. Sampai step ini, untuk Anda yang sudah verifikasi dengan kartu kredit ataupun vcc, Anda langsung loncat ke halaman terbawah sekalian isi kotak komentar. Tapi jika ini akun PayPal baru Anda, dan belum verifikasi, Anda harus lanjutkan step-step selanjutnya.
(5). Pada step ini Anda harus sedikit sabar, karena PayPal akan mengirimkan dua buah angka unik ke rekening Anda, dan itu butuh waktu 1 sampai 3 hari. Jadi Anda harus sesekali cek rekening bank Anda, jika ada kiriman aneh misal sejumlah Rp 17 dan Rp 13, Anda catat kedua angka itu.
(6). Jika dua angka itu sudah masuk, silahkan login kembali seperti pada langkah (2), lalu masukkan kedua angka itu pada form yang tersedia.
Selamat.. sekarang Anda sudah dapat melakuakan pencairan balance PayPal ke rekening bank lokal. Yuk bareng, saya juga mau withdraw dollar hasil PayPal WishList kemarin, sekalian buat test withdraw ..

1 komentar: