Selasa, 05 Oktober 2010

buka warnet baru pake billing apa ya?

Salam kenal,

gue udah beberapa bulan ini sibuk di warnet baru gue. coz belum punya pengalaman di per warnetan, semua otak gue curahin ke warnet baru gue. pas pertama kedatangan 5 set komputer sama mejanya, mulai deh bingungnya dateng. ternyata sekat2 yang harusnya jadi duluan malah belum jadi,  kan tambah pusing tuh...makanya gue share sama lulu pade....supaya kalo lu mau bisnis ginian, g muter2 kayak gue.... coba aja nih tips dari gue...
1. tentukan dulu spesifikasi kompi yang mau dipake buat komputer client. P3, P4, Core 2 Duo atau yang lain....
2. berapa unit yang dibutuhkan
3. pastikan desain ruangan dan bilikya sudah fix paten (soalnya kalo kabel udah dipasang-pasang agak repot jika mau dipindah-pindah)
4. tata rapih dulu mejanya
5. instalasi operating sistem
6. Pastikan software yang dipilih tidak terlalu banyak, sehingga kinerja kompi tetap ok
 Beberapa software yang diperlukan komputer warnet, antara lain Billing.

ngomong masalah billing, gue udah coba browse yang gratisan ternyata dapet beberapa jenis billing. cuma yang baru berhasil gue aplikasikan cuma dua, yaitu: Gbilling sama PC Manager.
ada banyak sekali perbedaan antara Gbilling sama PC Manager. Gbilling  terkesan software yang baru dibuat, jadi fiturnya masih banyak yang kurang, terus gampang ngehacknya. jadi gue pake Gbilling resmi cuma 1 bulan doang.

Beda dengan PC Manager. memang sih billing untuk kasir bisa didownload disini (server) dan untuk unit bisa didownload disini (client) berbeda dan sama seperti billing lainnya, tapi gue puas sama ni billing. udah tampilannya OK, ngaturnya gampang, ada disini manualnya (manual), terus bisa bikin paketan2 gitu. wah sip deh buat pemula. cuma ya gitu, software ini sudah dilengkapi dengan administrasi member hanya saat gue mau pake tuh tools ternyata masih belum bisa .... mana tulisannya kacau lagi... (g bisa dibaca), terus pendaftaran untuk dapetin pasword itu loh yang susah... lebih sering gagalnya dibanding suksesnya... tapi untung gue berhasil. dan kalo lulu pada pingin make nih billing, g usah report2 daftar, gue punya pasword, bisa download disini (paswordnya) .... hehehe...

selamat mencoba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar